Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ESWL, Solusi Hancurkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

ALASEHATKITA - Batu ginjal yang semakin membesar berdampak serius pada kesehatan manusia. Batu ginjal akan menyumbat saluran urine dan memicu penurunan fungsi ginjal. Biasanya penanganan terhadap batu ginjal dilakukan dengan cara pembedahan atau operasi.

Yakni mengangkat batu ginjal secara langsung, setelah melalui proses Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL). Proses ini digunakan untuk menangani batu ginjal dengan ukuran lebih dari dua sentimeter.

Alat PCNL akan dimasukkan ke dalam ginjal, untuk menghancurkan batu yang terbentuk akibat pengendapan atau pengkristalan zat sisa dari kalsium dan asam urat. Sisa batu ginjal tersebut baru diangkat dengan alat khusus.

Namun banyak pasien yang takut dengan proses bedah ini. Sehingga tak sedikit yang menahan meski batu ginjal semakin membesar.

Ilustrasi organ tubuh manusia. Saat ini ada medtode penangana batu ginjal tanpa melalui operasi yakni menggunakan metode ESWL. (Foto : Pixabay)


Namun kini ada teknologi baru yang diklaim lebih efektif untuk menangani batu ginjal tanpa harus melewati proses pembedahan. Tekbologi baru itu yakni Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

Marto Sugiono, Dokter Spesialis Urologi dari Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ) menyebut, ESWL bisa menjadi solusi jitu untuk kasus batu ginjal. Model penangannya yakni menggunakan gelombang suara kejut.

Baca juga : Air Kelapa Hijau Mampu Netralisir Racun? Ini Ulasannya

“Jadi tindakan ini memacahkan batu oleh gelombang suara kejut yang asal usulnya di luar badan. Tujuan dari ESWL ini bukan menarik si batu ginjalnya secara langsung, tapi batu ginjalnya itu dihancurkan jadi lebih kecil sehingga dia nanti keluar secara alami melalui kencing,” kata Marto dikutip dari liputan6.com.

Tindakan ESWL ini hanya bisa dilakukan jika ukuran batu di bawah lima milimeter hingga dua cm. Sementara, pada ukuran batu ginjal yang lebih dari itu butuh tindakan ESWL lebih dari satu kali.

“ESWL ini bisa dilakukan sampai empat kali. Setidaknya dalam jangka waktu dua pekan sampai satu bulan. Tapi kalau sudah empat kali tidak bisa juga ya kami sarankan untuk operasi,” ujar Marto.


Posting Komentar untuk " ESWL, Solusi Hancurkan Batu Ginjal Tanpa Operasi"