Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Tips untuk Mengurangi Pembengkakan pada Jari Tangan dan Kaki Saat Hamil

ALASEHATKITA - Ada banyak perubahan yang terjadi pada Ibu hamil, baik itu perubahan fisik ataupun perubahan psikis. Salah satunya adalah pembengkakan jari tangan dan kaki saat hamil. Pembengkakan ini terjadi karena cairan tubuh yang meningkat ketika hamil. Selain itu, penggunaan cincin yang terlalu kecil juga bisa menyebabkan pembengkakan. Sedangkan pada kaki, pembengkakan terjadi karena Ibu yang terlalu lama berdiri sehingga membuat terlalu banyak beban yang bertumpu pada kaki.

Pembengkakan itu sendiri terjadi karena terhambatnya sirkulasi darah. Pembengkakan atau oedem ini adalah hal lumrah yang terjadi pada Ibu hamil, terlebih lagi pada trimester ketiga. Penyebab lain pembengkakan pada tangan adalah udara yang panas.




Meskipun adalah hal yang wajar, tapi Anda harus segera memeriksakan diri jika terjadi pembengkakan pada wajah, kaki dan tangan. Karena bisa saja pembengkakan tersebut adalah gejala preeklamsia.

Kalau Anda merasa terganggu dengan pembengkakan yang terjadi, maka Anda bisa melakukan ini untuk mengurangi pembengkakan jari tangan dan kaki saat hamil:



  • Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi air putih.
  • Untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi pada jari tangan dan kaki, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan sehat. Anda bisa mengkonsumsi buah apel atau bawang putih.
  • Agar tubuh Anda kembali rileks, sebaiknya Anda memanfaatkan waktu di siang hari untuk beristirahat. Jika tubuh relaks, maka bisa saja pembengkakan yang Anda alami akan berkurang.
  • Untuk menghindari tekanan pada pembuluh vena utama yang bisa membuat pembengkakan semakin parah, sebaiknya Anda tidur dengan posisi miring ke kiri.
  • Jika pekerjaan menuntu Anda untuk terus duduk seperti menulis atau mengetik, maka kemungkinan peredaran darah Anda akan semakin terhambat. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda meletakkan bangku kecil di atas meja agar Anda bisa mengetik atau menulis dengan posisi berdiri. Atau Anda bisa berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor. Dengan begitu, aliran darah Anda akan tetap lancar. 
  • Mintalah kepada suami untuk memberi pijatan lembut pada tangan dan kaki Anda. Pijatan ini akan membantu Anda untuk melancarkan peredaran darah serta membuat Anda merasa lebih nyaman.

Posting Komentar untuk " Begini Tips untuk Mengurangi Pembengkakan pada Jari Tangan dan Kaki Saat Hamil"