Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Tips untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan Buah dan Sayur

ALASEHATKITA - Anak susah makan menjadi pemandangan yang umum terjadi, termasuk pula pada menu buah dan sayuran. Kondisi seperti ini mungkin sudah menjadi kondisi yang umum terjadi, tapi seperti yang kita tahu buah dan sayuran merupakan menu makanan sehat yang punya kandungan lengkap untuk mencukupi kebutuhan gizi, vitamin dan mineral si kecil hingga bermanfaat untuk mencegah kekurangan gizi dan juga obesitas pada anak.

Tapi mungkin Anda salah satu Ibu yang cukup kesulitan untuk membuat si buah hati makan sayur dan buah. Tidak sedikit anak susah makan sayur begitu pula dengan buah, pasalnya sayur dan buah menjadi makanan yang terasa aneh bagi anak. Tapi tenang Ibu saya punya 3 tips mudah untuk mengatasi anak susah makan buah dan sayuran, mau tahu? Berikut ulasannya.


Ilustrasi/Istimewa


Kenali Menu Favoritnya

Meski masih anak-anak buah hati Anda sebenarnya punya alasan tersendiri kenapa ia cenderung menolak untuk makan sayuran atau buah. Nah, itulah hal pertama yang sebaiknya Anda cari tahu.

Bunda, bisa saja anak Anda enggan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan itu karena ia tidak suka dengan jenis sayuran atau buah yang Anda berikan. Nah, coba kenali dengan baik apa menu favoritnya atau sayuran dan buah-buahan mana yang ia sukai. Selain itu, salah satu cara terbaik untuk mengatasi anak yang malas makan buah dan sayur yaitu memperkenalkan buah dan sayur sejak dini pada buah hati Anda.

Berikan Suasana Menyenangkan dengan Penuh Kasih Sayang

Bunda sangat sulit untuk membuat anak Anda suka dengan sesuatu yang tidak ia suka, bahkan semakin keras Anda membuatnya suka maka semakin keras pula dia akan menolak. Sebagai orangtua Anda tidak seharusnya bertindak seperti itu, sebisa mungkin Anda tidak memberikannya tekanan untuk memakan sayuran atau buah sesuai keinginan Anda karena lambat laun dia akan jadi trauma hingga membuatnya menilai jika waktu makan adalah waktu yang mengerikan. Percayalah Bunda ujung-ujungnya Anda sendiri yang kerepotan.

Nah, cara yang baik untuk mengatasi anak yang susah makan sayuran adalah memberikan suasana yang menyenangkan dan penuh kasih sayang saat waktu makan. Misalnya, berkumpul bersama saat waktu makan tiba sambil memberikannya contoh pada buah hati Anda jika Anda sendiri sangat menikmati menu sayuran yang Anda berikan padanya. Bunda, anak-anak punya kebiasaan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Semakin sering Anda memberikannya contoh maka semakin besar rasa ingin tahunya untuk mencoba, tapi ingat jika ia tidak suka jangan paksakan lakukan cara yang lain dengan jenis buah atau sayuran yang berbeda hingga Anda menemukan yang ia suka.


Berkreasi

Menjadi orangtua itu memang tidak mudah, Anda harus punya kesabaran yang ekstra dalam menghadapi buah hati Anda tapi jangan lupa pula untuk terus berkreasi. Ya, kreativitas Anda untuk mengatasi buah hati yang susah makan buah juga menjadi cara yang sangat ampuh.

Semoga infonya bermanfaat ya.

sumber[segiempat.com]

Posting Komentar untuk "Ini Tips untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan Buah dan Sayur"