Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menderita Diabetes Tapi Bisa Leluasa Makan Enak? Ini Rahasianya

ALASEHATKITA – Penyakit diabetes membuat para penderitanya harus sangat berhati-hati mengonsumsi makanan, terutama kandungan gula. Padahal jika tahu rahasianya, para diabetesi (sebutan penderita diabetes) bisa kok makan makanan enak.

Dikutip dari Kompas.com, rahasianya yakni pada indeks glikemik (IG) makanan. IG adalah indikator kecepatan unsur karbohidrat dalam bahan pangan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Ada tiga kategori dalam pemeringkatan IG. Pertama, kategori rendah dengan angka IG kurang dari 55. Kedua, kategori sedang dengan nilai 56-69. Terakhir, kadar tinggi dengan nilai lebih dari 70.



Beberapa makanan yang masuk IG kategori tinggi adalah kentang, nasi putih, gula, roti putih, minuman bersoda, dan makanan manis. Adapun kacang-kacangan, gandum, buah-buahan segar, sayuran, dan panganan dari biji-bijian utuh, masuk daftar makanan dengan IG kategori rendah dan sedang.

Tak hanya itu saja, makanan dengan IG rendah atau sedang bisa saja meningkat indeksnya jika diolah bersama bahan lain atau dimasak dengan cara tertentu. Di sini, faktor kepedulian dan pengetahuan mengenai komposisi dan pengolahan makanan yang aman dikonsumsi diabetesi jadi penting.

Kompas juga menulis, ada sekelompk mahasiswa Indonesia International Institute for Life Science (i3L) yang mencoba mencari solusi camilan enak untuk para diabetesi ini. Mereka berencana mendirikan sebuah perusahaan yang konsen memroduksi makanan khusus untuk penderita diabetes.

Etic, salah satu mahasiswa yang menggagas perusahaan ini memaparkan tujuannya, yakni membuat makanan ringan dengan nilai nutrisi yang layak. Mereka telah memproduksi pancake versi sehat. Bahan dasarnya tepung umbi-umbian. Menurut dia, tepung itu sudah memiliki rasa manis, sehingga bisa mengurangi pemakaian gula pasir.


Adapun sebagai bahan campuran, mereka memakai susu low fat atau rendah lemak. Dengan begitu pancake ini aman dikonsumsi penderita diabetes. Pihaknya juga merencanakan ke depan akan mengganti susu rendah lemak dengan susu kedelai, agar menu tersebut lebih menyehatkan lagi.

Harga yang dipasang pun untuk setiap makanan pun dipastikan tidak akan terlalu mahal, antara Rp 25-30 ribu, untuk 3 potong pancake.

Posting Komentar untuk "Menderita Diabetes Tapi Bisa Leluasa Makan Enak? Ini Rahasianya"